Beranda » Ekonomi » Menjadi Wiraswasta

Kamis, 19 Mei 2022 - 09:46:29 WIB
Menjadi Wiraswasta
Diposting oleh : Harun AR
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 64 kali

Menjadi Wiraswasta Atau Wirausaha

Oleh Masud HMN*)
 
Hari depan Indonesia terletak pada wiraswata. Bukan pegawai 
negeri. Karena itu pemerintah mengenjot agar bertamabah jumlah orang yang menjadi wiraswasta. Wirausaha atau wiraswasta?sebenarnya maknanya hampir sama. Namun wirausaha bisa dilakukan lebih dari seorang dan dalam kapasitas bidang yang lebih luas. Sedangkan  wiraswasta bisa dilakukan dengan seorang diri. 

Kalau saja ada yang berpendapat baiknya kalau jadi pegawai negeri itu benar. Jika ada yang mengatakan pegawai itu baik juga ada benarnya. Tetapi kalau lebih banyak yang menjadi pegawai negeri kurang baik. Kita tidak bisa membayangkan bagaimana jika mau jadi pegawai negeri semua. Repot pemerintah mencari uang gajinya, Sementara gaji pegawai harus disediakan pemerintah.
 
Misalnya, setamat sekolah melamar mau bekerja jadi pegawai negeri, alangkah sulitnya pemerintah untuk menampung mereka Bukan Pekerjaannya tidak ada, Tapi kebanyakan pekerjaan.Sudah tinggi tinggi sekolah malah bukan mencipakan kerja.Tetapi menjadi beban pemerintah. Satu kondisi yang tidak ideal tentunya. Oleh karena itulah strategi pendidikan penjajah mengalokasikan pegawai itu terbatas. Sebanyak yang diperlukan saja. Sedangkan yang lain harus berkerja diluar pemerintah (Swata).
 
Patut dihargai kalau ada pihak yang dapat menampung. Bekerja secara non pemerintah atau swasta . Misalnya perusahaan bisnis
Pemerintah melalui Menteri Usaha Mengah dan Koperas (UMKM) 
mengeluarkan Keputusan Presiden PERPU nomor 2 tahun 2022 untuk meningkatakan wirausaha. Tujuannya berusaha sendiri mencari gaji dan pendapatan sendiri.Tujuannya menggerakkan upaya melahirkan atau membentuk wirusaha. Sekarang menurut catatan hanya Indonesia termasuk wirausahaperingkat 75. Ini harus bisa dirubah menjadi bertengger diangka 60 Pada tahun 2022 ini, Maksudnya pemerintah ingin meggenjot Wirausahawan
Indonesia agar terus meningkat. Agar bisa mencapai peringkat yang lebih maju pengusahanya atau wirausahanya lebih banyak lagi. Hingga ekonomi bertumbuh dan kemakmuran meningkat. Lapangan kerja terbuka dan produksi bertambah Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki menyatakan hal itu pada tgl 15 May 2022 dan mengharapkan keadaan usaha menengah dan koperasi tambah maju lagi. Sejalan dengan perkembangan ekonomi. Dapat bersaing dengan negara tetangga lain. Demikian Tetan Msduki. Kemajuan ekonomi Indonesia terletak pada majunya usaha wiraswasta. Sehingga berbagi pertumbuhan terjadi.Inilah yang ingin diraih oleh pemerintah .Yaitu ingin ekonomi maju dalam bidang usaha.Tanpa itu sulit menghadapi masa depan. Dimana keadaan ketergantungan ekonomi pada pemerintah, yang salah satunya itu adalah menjadi pegawai pemerintah. Harus dirubah. Mudah- mudahan !
 
Jakarta 15 May 2022
 
Masud HMN, Doctor dan dosen Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta. Email masud.riau@gmail.com

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)