Beranda » Warta Daerah » Tanam Perdana Kentang Screnhouse Desa Ujung Aji Brastagi

Jumat, 18 Juni 2021 - 20:08:19 WIB
Tanam Perdana Kentang Screnhouse Desa Ujung Aji Brastagi
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Warta Daerah - Dibaca: 79 kali

Penangkaran Suluh Tani Horti melaksanakan Penanaman Perdana di screnhouse Desa Ujung Aji Berastagi.


Jumat 18 Juni 2021
Penangkaran Suluh Tani Horti telah didirikan di Kabupaten Karo.
Penangkaran Suluh Tani Horti didirikan untuk memastikan terjaminnya mutu bibit kentang bagi kebutuhan petani Karo.
Dimana selama ini petani Karo banyak membeli bibit dari luar Karo bahkan dari pulau Jawa.
Dimana selama ini petani kentang karo banyak kecewa karna kurang bagusnya mutu bibit kentang yg ditanam,sehingga hasilnya pun tidak memuaskan petani kentang

Albert Soekanta pendiri penangkaran Suluh Tani Horti mengatakan akan berbuat yg terbaik bagi petani Karo khususnya petani kentang.
Kita telah banyak diskusi mengenai ketersediaan bibit kentang serta mutu yg akan menghasilkan panen kentang yg baikberdiskusi dengan beberapa tokoh2 petani kentang di Karo,dengan dinas pertanian Karo,dinas pertanian sumut dan lain2..

Hari ini dilakukan Penanaman Perdana bibit kentang G0 di screnhouse Suluh Tani Horti.dimana Penanaman perdana dilakukan oleh Ketua DPRD Karo ibu Iriani,anggota DPRD Sumut Sugianto Makmur ,kepala Dinas pertanian Sumut diwakilkan oleh lambok Turnip kepala UPT Balai benih Hortikultura Dinas Pertanian Sumut dan kepala Dinas Pertanian Karo diwakilkan oleh Purba Kabag Dinas Pertanian Karo

Pada kesempatan Penanaman Perdana dilakukan oleh ibu Iriani ketua DPRD Karo ketika ditanya tanggapannya atas kehadiran Suluh Tani Horti ini mengatakan cukup bangga atas kegigihan teman2 penangkar Suluh Tani Horti,lentera Tani,alaika tani,Karo tani jaya yg membangun Screnhouse untuk pembibitan kentang di Berastagi Karo
Kita berharap scren house ini teruslah dibangun beberapa lagi agar terpenuhi bibit kentang yg bermutu di kabupaten Karo.
Kita selaku DPRD Karo dan selaku kader PDI Perjuangan siap membantu penangkar kita ini dalam membantu kebutuhan bibit yg baik bagi petani kentang.
Kita siap bersinergi dan kerjasama dengan penangkar bibit dan dinas pertanian karo

Lambok Turnip kepala UPTD Balai benih Hortikultura Dinas Pertanian Sumut mewakili kepala dinas pertanian Sumut mengatakan salut terhadap penangkaran Suluh tani Horti dan teman2 lainnya yg langsung action membangun Screnhouse di ujung aji ini
Kita siap membantu dan kerjasama kedepan dalam penyediaan bibit kentang yg bermutu bagi petani kentang disumut pada umumnya dan di Karo pada khususnya..
Semakin banyak screnhouse milik Suluh tani Horti maka semakin terbantu petani Karo dalam ketersediaan bibit yg bermutu,secara otomatis hasilnya akan menguntungkan petani kentang..

Purba Kabag Dinas Pertanian Karo dalam kata sambutannya mengatakan menyambut baik inisiatif teman2 di Karo yg membangun Screnhouse pengkaran bibit kentang.
Dimana selama ini petani kentang membeli bibit di pengalengan Jawa barat dll,per tahunnya lebih dari 100 miliar petani kentang karo membeli bibit.
Udah saatnya kita membuat bibit sendiri untuk petani kentang kita ucapnya semangat 

Sugianto Makmur anggota DPRD Sumut, lcukup bangga terhadap Kabupaten Karo dalam membina beberapa penangkar dan koperasi,bahkan bergerak cepat membangun Screnhouse pembibitan kentang di ujung aji ini.

Sugianto makmur Anggota DPRD Sumut mengatakan siap membantu teman2 dikaro dalam hal mengembangkan bibit kentang yg baik di Karo.
 
Seperti kata abangnda Mindo Sianipar mengatakan petani Karo adalah petani tanggung yg selalu bergerak membuat solusi setiap masalah yg ada di Karo, Inilah saya lihat Karo yg mengerti isi hati petani kentang dan bergerak cepat membuat solusinya ucap Sugianto Makmur.

Albert Soekanta Suluh Tani Horti,Jalek Ginting Aleika Agro,Padha Sitepu Karo Tani Jaya dan Medi Sembiring lentera Tani merasa terpanggil membangun Screnhouse di desa ujung aji Berastagi,Dimana  berdirinya screnhouse Suluh Tani Horti pembibitan kentang ini adalah atas partipasi dan gotong royong pemerhati pertanian Karo,serta berkerjasama dengan Dinas pertanian Karo,Dinas pertanian Sumut.
Semua tergerak hatinya untuk membantu petani Karo,bahkan pabrikan pupuk cair Benteng Tani dan BD Tricho dan relawan padamu Negeri ikut berpartisipasi dalam pembangunan screnhouse,perawatan dan pengembangan.
Dimana Pabrikan Benteng Tani siap demplot dan kerjasama dengan Suluh tani Horti dan teman2 di Karo. Dengan kerjasama yg baik dan sama2 bekerja pasti akan terbantu petani kentang dalam pemenuhan mutu bibit kentang yg baik dan hasil panen yg memuaskan ucap Medi Sembiring penangkar lentera Tani dan Suluh Tani Horti kepada watawan kita. ( indri).

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)