Beranda » Nasiional » Sidang Parlemen Malaysia Bahas Belanjawan 2021 Berjalan Sukses

Sabtu, 28 November 2020 - 11:02:36 WIB
Sidang Parlemen Malaysia Bahas Belanjawan 2021 Berjalan Sukses
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Nasiional - Dibaca: 96 kali

Sidang Perlemen Malaysia Membahas Belanjawan 2021 Berlansung Sukses

Oleh  Dr Masud HMN*)

Dewan Rakyat  atau Perlemen Kerajaan Malaysia dalam sidang  26  November 2020 berhasil mengesahkan  budget Negara. Sidang dipimpin lansung oleh Ketua Perlemen yaitu   Datuk Azhar Azizan Harun. 

Budget yang disahkan  totalnya  adalah sebesar RM 322,5 billion  atau setara USD 78 billion  untuk  tahun 2021, Ini lebih  besar dari budget tahun sebelumnya dan merupakan  budget tertinggi sepanjang sejarah  Malaysia. 
Seperti dipublish Morning Brief Kuala Lumpur  edisi 27 November 2020 bahwa  Ketua sidang  menjelaskan Keputusan diambil secara sepakat oleh semua para  ahli perlemen. 

Pada sebelumnya  ada dibuka peluang  untuk  system undi, karena ada suara yang menyuarakan hendak menolak rancangan  belanjawan yang disampaikan oleh  kerajaan   dihadapan sidang perlemen tersebut
Namun kehendak atau usul sistim undi yang  diusulkan   anggota partai oposisi ditolak. Karena tidak memenuhi kriteria minimal  usul yang harus didukung 15 undi suara. Pihak pengusul hanya  didukung  13  suara. Maknanya  tidak memenuhi syarat untuk diloloskan. Karena itu ditentukan dengan system  kata sepakat , Tegasnya tidak melalui voting atau  proses  hitung  undi suara terbanyak. 

Sukses pelaksanaan  sidang perlemen ini menarik perhatian banyak pihak  dibawah kondisi politik Malaysia akhir akhir ini, Antara lain adalah bagaimana  menghapus spekulasi politik yang menerpa Kerajaan belakangan ini. Yaitu (1) menolak rancangan  belanjawan atau  budget 2021 .Lalu (2) dalam satu nafas terdapat  asa  untuk  menjatuhkan  kerajaan dibawah Perdana Menteri Muhiyddin Yassin mendorong  sidang perlemen  dengan  agenda sidang untuk meloloskan  mosi tidak percaya.

Dalam kenyataan dua point diatas yang   sejatinya menjadi inisiatif  partai oposisi tidak berhasil. Sejauh ini  kelompok pembangkang  harus menelan sesuatu yang  pahit sebab   mereka gagal. Karena  itulah yang  menjadi  pilihan para ahli perlemen  mayority terbaik bagi rakyat Malaysia.

Secara umum nampaknya penetapan  sidang perlemen  tentang budget tahun 2021 sukses dan  memiliki beberapa kelebihan. Antara lain alokasi dalam perlindungan  social tenaga kerja hal, recovery atau pemulihan ekonomi, Disamping pemberian  penghargaan bagi inovasi lapangan kerja yang  berbobot nilai tambah yang tinggi. Tetapi budget 2021 terdapat  juga   kekurangan .  Yaitu kelemahan dalam  ketidak pastian politik Antara  pemerintah dan oposisi. Ini terlihat  pihak oposisi tidak  atau belum menerima sepenuhnya ketetapan  berkenaan dengan  budget 2021 untuk  dimplementasikan, Selain itu kondisi pandemi Covid 19 yang  masih belum teratasi hingga kini.

Diatas semua itu, bagaimanapun kesatuan tekad  memaksimalkan pelaksnaan   dilapangan diperlukan, Adapun perbedaan dalam perlemen, ketidak samaan  visi, antara  pembangkang dan pemerintah kini, yang  pasti kepentingan rakyat Malaysia tentu  lebih utama  dari pada yang lainnya.

Semuanya dapat kembali keazas ada terdapat   ungkapan Melayu, serumpun bak serei  setangkai bak sirih. Semoga.

Jakarta 27 November 2020

*) Penulis adalah Doktor Dosen Pascsarjana Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) Jakarta. Email  masud.riau@gmail.com

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)