Beranda » Pendidikan » Jazilul Fawaid, Putera Asal Bawean Raih Gelar Doktor Manajemen dari UNJ

Senin, 17 Februari 2020 - 23:49:24 WIB
Jazilul Fawaid, Putera Asal Bawean Raih Gelar Doktor Manajemen dari UNJ
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 71 kali

Jazilul Fawaid, Putera Asal Bawean Raih Gelar Doktor Manajemen dari UNJ

Jakarta, Melayutoday.com,- Usai melakukan Ujian Terbuka Promosi Doktor Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid dinyatakan lulus meraih Doktor budang Manajemen.

"Setelah mendengar jawaban berbagai pertanyaan akhirnya  menyatakan bahwa sang Penguji menyatakan Jazilul Fawaid dinyatakan lulus dan menjadi doktor yang ke- 4083 dari UNJ," yngkao Rektor Universitas Negeri Jakarta Dr. Komarudin.

Dalam promosi ujian terbuka yang digelar di Aula Gedung Bung Hatta Pascasarjana UNJ, Rawamangun. Jakarta, Senin (17/2/2020) tersebut, Jazilul mempresentasikan disertasinya yang berjudul 'Pengaruh Rekrutmen, Kompetensi, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Anggota DPR RI Periode 2014-2019'.

Jika selama ini kinerja anggota DPR masih dinilai oleh masyarakat, termasuk opini dari sebagian lembaga survey bahwa kinerja DPR kurang memuaskan. Kinerja DPR yang mendapat sorotan masyarakat tersebut, akan berpengaruh kepada pihak eksekutif.

Jazilul melihat masalah yang muncul dari kinerja DPR tersebut karena ada beberapa variabel. Yakni, soal rekrutmen, kompetensi dan komitmen. Jelasnya, parpol dalam melakukan rekrutmen anggota DPR dipilih dan diputuskan melalui suara terbanyak bukan karena kompetensi. 

"Sehingga, banyak masuk anggota DPR bukan dari kalangan parpol atau kader, tetapi banyak dari bukan pelaku politik sehingga komitmen untuk menjalankan tugas kurang begitu loyal dan baik," jelasnya usai pengukuhan meraih gelar Doktor.

Menurut Jazilul, jika ketiga variabel tersebut diperbaiki serta dilakukan secara benar, maka akan berimplikasi langsung secara positif terhadap kinerja dan organisasi, serta akan berdampak baik kepada masyarakat.

Tampak hadir beberapa pejabat di antaranya, Ketua MPR Bambang Soesatyo, para Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Zulkifli Hasan, Lestari Moerdijat, Fadel Muhammad, Ketua Yudisial RI Jaja Ahmad Jayus dan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

Kepada awak media massa usai acara, Jazilul mengatakan bahwa gelar Doktor ini adalah satu amanah, satu kebahagian yang harus disyukuri dan dijaga dengan baik. "Saya bersyukur dengan pencapaian pendidikan saya dari awal sampai saat ini," katanya.

Yang terpenting, kata Jazilul, bagaimana ke depannya mengaplikasikan hasil disertasi ini bermanfaat kepada peneliti, lembaga DPR dan seluruh elemen masyarakat.

Dr. Jazilul Fawaid terlahir pada 5 Desember 1971 dari pasangan M. Sunan Hamli dan Isniyah di Bawean, Gresik Jawa Timur.

Doktor asal Bawean ini anak pertama dari tiga bersaudara. Putera berlatar belakang Pesantren ini lukusan Perguruan Tinggi Ilmu Alquran ( PTIQ ) di Jakarta fokus pada Studi Hukum Islam. Magister di Institut Ilmu Alquran ( IIQ ), ia tetpilih menjadi wakil Ketua MPR RI 2019-2024 dari Fraksi PKB. ( redaksi ).

BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)