Beranda » Nasional » 10.000 Wanita TNI dan Polwan Apel Bersama di Monas

Kamis, 26 April 2018 - 00:17:47 WIB
10.000 Wanita TNI dan Polwan Apel Bersama di Monas
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Nasional - Dibaca: 44 kali

Jakarta, Melayutoday.com,- Sebanyak 10.000 personel yang terdiri dari Perwira Menengah (Pamen) dan Perwira Pertama (Pama) Wanita TNI (Kowad, Kowal, Wara) dan Polwan serta gabungan PNS TNI-Polri, ASN dari Kementerian dan Lembaga, Satpol PP, Tagana, Paskibraka, Menwa (UI, UPN, IPB) termasuk Pramuka dan perwakilan dari berbagai organisasi wanita, mengikuti Apel Bersama dalam rangka memperingati Hari Kartini Tahun 2018 di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Rabu (25/4/2018).  Bertindak selaku Pimpinan Apel Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, dengan Komandan Apel Komandan Pusdik Kowad Kodiklat TNI AD Kolonel Chk (K) Tetty Melina.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, diantaranya Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., S.Sos., M.M., Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Wakasal  Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman, Ketum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Ketum Bhayangkari Ibu Tri Tito Karnavian, para Asisten Panglima TNI serta Kabalakpus TNI.

Gelar Apel Bersama Wanita TNI, Polwan dan segenap wanita komponen bangsa merupakan wadah yang menyatukan secara fisik  berbagai kekuatan wanita Indonesia dalam bentuk Apel Bersama yang diikuti dengan beberapa demonstrasi ketrampilan para Wanita dari berbagai komponen dengan mengambil momen Hari Kartini.

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia telah menyaksikan bahwa Korps Wanita TNI dan Polri saat ini semakin tampil di depan menjalankan fungsi dan tugas pokok TNI dan Polri dalam memberikan  rasa aman dan pelayanan kepada masyarakat termasuk semakin banyak menduduki posisi strategis di lingkungan TNI dan Polri.

Menurut Presiden RI Joko Widodo, peran wanita semakin besar bukan karena kuota yang ditetapkan pemerintah, namun peran wanita semakin strategis karena masyarakat dan  pemerintah butuh peran wanita, peran unik wanita dalam memberikan rasa aman dan pelayanan yang  prima kepada masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Joko Widodo menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kontribusi saudari-saudari dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara. “Saya bangga jumlah Korps Wanita TNI dan Polri semakin banyak dengan proporsi jabatan yang semakin besar. Ini menunjukan kontribusi saudari-saudari semua diakui dan harapan masyarakat juga semakin besar,” ucapnya.

Selanjutnya, Presiden RI Joko Widodo melaksanakan Penandatanganan Deklarasi dan mengucapkan Ikrar Perempuan Indonesia yang diikuti oleh seluruh peserta Apel Bersama Wanita TNI, Polwan dan segenap wanita komponen bangsa dengan penuh semangat.

Usai Apel Bersama, sebanyak 721 personel Wanita TNI dan Polwan mempersembahkan berbagai atraksi, diantaranya 406 personel memerankan kolosal perjuangan Laksamana Malahayati dan Perjuangan R.A. Kartini, 22 personel melakukan atraksi bela diri, 15 personel atraksi berkuda, 30 personel motor besar, 35 personel terjun payung dan 150 personel kolone senapan.

Sementara itu, berbagai rangkaian kegiatan pendahuluan yang bersinergi dengan kegiatan Dharma Pertiwi, OASE Kabinet Kerja, Yayasan Kemala Bhayangkari serta Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri dan Pia Ardhya Garini, Wanita TNI dan Polwan juga mengirimkan perwakilannya pada kegiatan Bakti Sosial di Pulau Pramuka tanggal 14 Maret 2018, Joy Sailing di KRI dr. Soeharso-990 tanggal 5 April 2018, Asia Pacific Seminar di Hotel Kartika Chandra tanggal 20 s d 22 April 2018 dan Kartini Run 2018 di Monas tanggal 22 April 2018. (HRN).


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)