Beranda » Pendidikan » Untuk Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila BPIP Adakan Lomba Kreasi Pancasila

Kamis, 12 April 2018 - 01:15:10 WIB
Untuk Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila BPIP Adakan Lomba Kreasi Pancasila
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 32 kali

Jakarta, Melayutoday.com,- Guna menyebarkan nilai-nilai Pancasila dan pengamalan Pancasila di era milenial sekaligus dalam rangka menyambut Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2018, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan Lomba Kreasi Pancasila. Yaitu terdiri atas Lomba Yel-Yel Pancasila, Lomba Meme Pancasila, Lomba Foto Instagram Pancasila, Lomba Film Pendek Pancasila, Lomba Esai Pancasila, dan Lomba Cipta Lagu Pancasila.

“Jika tahun lalu dalam peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan dengan Pekan Pancasila, maka tahun ini BPIP ingin peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan mulai dari 1 Juni hingga 18 Agustus 2018,” kata Yudi dalam jumpa  pers di Gedung Sayap Timur Komplek Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Jakarta, Rabu (11/4/2018) siang.

Pemilihan waktu 1 Juni hingga 18 Agustus itu, menurut Yudi, karena sepanjang tanggal tersebut banyak momen momen historis dengan semangat inklusif bahwa perumusan Pancasila itu  merupakan sebuah proses yang panjang.

“Jadi kita ingin segala proses-proses yang menyangkut lahirnya Pancasila itu kita hargai semua momen-momen historisnya. Jadi dimulai dari kelahirannya di 1 Juni, proses di 22 Juni, dan disahkan di 18 Agustus,” jelas Yudi Latief.

Lebih lanjut, Kepala BPIP menyampaikan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini selain bertaut dengan menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI, juga bertaut dengan bulan puasa ramadhan dan penyelenggaraan Asian Games, serta tahun politik.

“Ditarik dari itu, BPIP mengambil satu pikiran yang diharapkan kita bisa melalui momen-momen puasa, momen-momen tahun politik, menjelang kemerdekaan, menjelang Asian Games ini bagaimana tensi dan ketegangan di ruang publik bisa didinginkan,” jelas Yudi.

BPIP, lanjut Yudi Latif, mengusulkan sebuah tema yang diharapkan mampu menjahit rangkaian kegiatan tersebut  yang bertaut dengan Hari Lahir Pancasila, yaitu “Kita Pancasila: Bersatu Berbagi”.

Untuk itu, lanjut Yudi, BPIP menggelar 6 (enam) jenis lomba, yaitu lomba Yel-Yel Pancasila, lomba Meme Pancasila, lomba foto Instagram Pancasila, lomba film pendek Pancasila, lomba Esai Pancasila, dan lomba Cipta lagu Pancasila.

Mengenai lomba Yel-Yel Pancasila, bahwa itu adalah sebuah karya visual dalam bentuk video berdurasi maksimal 60 detik yang menggambarkan pemahaman, pengamalan dan dukungan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai panduan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Meme Pancasila adalah sebuah karya visual dalam bentuk grafis karikatural berukuran standar publikasi media sosial Facebook, Twitter, dan Instagram. Foto Instagram Pancasila adalah sebuah karya fotografi jenis single-foto dalam ukuran standar publikasi Instagram yang menggambarkan pemahaman dan pengamalan terhadap nilai-nilai Pancasila.

Film pendek Pancasila adalah sebuah karya sinematografi dalam genre fiksi atau dokumenter berdurasi maksimal 3 menit yang menggambarkan pemahaman, pengamalan, dan dukungan terhadap niali-nilai Pancasila. Esai Pancasila adalah sebuah karya tulis ilmiah popular denga panjang tulisan maksimal 7 halaman, spasi 1,5, halaman kwarto. dan lomba cipta lagu Pancasila adalah sebuah karya audio dengan instrumen sederhana/akustik yang secara substansi mengandung niali-nilai Pancasila.

“Lomba-lomba ini terbuka untuk umum dan peserta dapat mulai mengirimkan karya sejak 15 April 2018 hingga 23 Mei 2018,”jelas Kepala BPIP Yudi Latif.

Semua lomba, jelas Yudi, akan dinilai oleh tim juri independen dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 30 Mei 2018 pada media sosial resmi BPIP.

Info lebih lanjut mengenai Lomba Kreasi Pancasila ini dapat dilihat di Twitter BPI-Pancasila (@ukp_Pancasila)  dan Instagram BPI-Pancasila (bpi_pancasila)./Hrun


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)