Beranda » Ekonomi » Untuk Dongkrak Kualitas SDM APKLI MOU Dengan Unpand Semarang

Jumat, 02 Februari 2018 - 22:12:24 WIB
Untuk Dongkrak Kualitas SDM APKLI MOU Dengan Unpand Semarang
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 59 kali

Jakarta melayutoday.com,- Dalam.rangka.mmengenjot kualitas sumberdaya manusia (sdm) para pengurus dan anggota Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (Apkli) maka DPP Apkli melakukan nota kerjasama (mou) dengan Universiitas Pandanaran (UNPAND) SEMARANG yang berlangsung rabu (31/1/2018)  di kantor DPP Apkli kawasan cempaka timur v no 3 jakarta pusat siang.

Dalam kata sambutannya ketua umum DPP Apkli dr. ALI MAHSUN, M. BIOMEDmenjelaskan bahwa kondisi pedagang kaki lima hingga saat ini masih terjepit oleh adanya rentenir dan kolonialisme now sektor ekonomi.

"Oleh karenanya kami minta agar sektor ekonomi rakyat untuk ditingkatkan dengan melakukan perlindungan kepada pedagang kaki lima dan usaha umkm sebagai pelaku ekonomi rakyat, sebab jika ekonomi rakyat tidak terlindungi dan diberdayakan maka jangan mimpi kita ingin menciptakan wirausahawan (entrepreneurship),"ungkap Ali.

Kerjasama dengan Universiitas Pandanaran ini, tambah Ali Mahsun, salah satu wujud untuk memberdayakan anggota dan pengurus Apkli dalam.bidang peningkataan sdm dan kapasitas building dalam menghadapi daya saing global.

"Pelaku ekonomi rakyat kita selain dilatih juga perlu pendampingan terutama.dari perguruan tinggi. Apkli dalam.hal.yang sama telah melakukan kerjasama dengan universitas darul ulum Jombang, undip semarang dan univ muhammadiyah NTT.

Sementara itu Rektor Unpand semarang Ir. S. Djoko Saryono, MSc kepada melayutoday.com mengatakan bahwa kerjasama dengan apkli ini akan kita tindak.lanjuti dengan program memberikan akses pendidikan kepada pengurus dan anggota Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia untuk menempuh studi di unpand semarang.

"Di era saat ini kita harus meningkatkan daya saing menghadapi kemajuan bidang komunikasi digital," ungkapnya.

Selain.itu,  tambah rektor yang pernah menjadi pejabat di lingkungan bulog ini pihaknya akan membantu apkli daam.pendampingan bagaimana membuat laporan keuangan bisnis.

Bahkan,  lanjut Stefanus Djoko,  pihaknya akan memberikan akses apkli untuk melakukan distribusi sembako dari jaringan perusahaan perusahaan bulognkhususnya saat lebaran dan libur natal dan tahun baru,"kata Rektor Unpand ini berjanji.

Ditambahkan oleh Ali Mahsun,  salah satu permasalahan PKL dan usaha umkm sulit berkembang dikarenakan keterbatasan akses permodalan dari pihak perbankan.

"Kami berharap kedepan akses permodalan ini dapat lebih mudah dan tidak.lagi menjadi kendala demi peningkatan kualitas usaha ekonomi rakyat," pungkasnya. (M. Harun).


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)