Beranda » Ekonomi » Dorong Pertumbuhan Ekonomi , Coworking Indonesia Gandeng BRI dan Badan Ekonomi Kreatif

Selasa, 28 November 2017 - 00:07:40 WIB
Dorong Pertumbuhan Ekonomi , Coworking Indonesia Gandeng BRI dan Badan Ekonomi Kreatif
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 107 kali

Jakarta, Melayutoday.com,- Dalam rangkaian kegiatan Coworkfest 2017 yang digelar di Taman Menteng  Coworking Indonesia melakukan kerjasama strategis bersama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yakni melalui MOU atau penandatangan nota kesepahaman, Sabtu  (25/11/2017) sore yang dilakukan oleh Presiden Coworking Indonesia, Faye Alund; Direktur Digital Banking & Technology BRI, Indra Utoyo dan disaksikan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf.

“Kerjasama ini merupakan bentuk dari visi dan misi BRI yang dalam beberapa waktu terakhir tengah fokus mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif dan digital di Indonesia. Coworking space menjadi wadah yang tepat bagi para pegiat kreatif untuk berkolaborasi menciptakan suatu inovasi. Hal ini dibuktikan dengan menjamurnya jumlah coworking space di Indonesia,”ungkap Indra Utoyo.

Menurut data yang dirilis Coworking Indonesia, jumlah coworking space saat ini sudah lebih dari 160 yang tersebar di 27 kota. Dan jumlah perusahaan rintisan di Indonesia meningkat pesat menjadi 2.000 buah sepanjang 2017, tertinggi di Asia Tenggara. Hal ini turut berdampak pada jumlah pekerja lepas yang semakin diminati belakangan ini.

“Coworking space adalah semangat membangun komunitas, konektivitas dan kolaborasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di era digital ini. Keterhubungan dan kolaborasi adalah kunci untuk memperkuat ekosistem kewirausahaan, terutama di sektor-sektor ekonomi kreatif. Bersama mitra pemerintah dan korporasi seperti Bank BRI, Coworking Indonesia akan bekerja sama dalam bentuk program-program berkelanjutan yang memiliki dampak ekonomi,” papar Faye, President Coworking Indonesia.

Sementara BRI akan memberi akses jaringan dan database Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kepada anggota Coworking Indonesia yang tersebar sampai ke pelosok tanah air. Dengan jaringan kantor dan database besar ini, pertumbuhan ekonomi kreatif melalui gerakan coworking space dapat berjalan secara efektif. BRI diketahui sangat dekat dengan UMKM yang menjadi pilar dalam perekonomian Indonesia. Data dari Bank Indonesia mengatakan 90 persen penyumbang terbesar Produk Domestik Bruto Indonesia berasal dari UMKM.

Indra menuturkan, “Bermitra dengan Coworking Indonesia artinya kami harus mengenal cara kerja baru yang akan diterapkan di masa mendatang. Kami harus relevan dengan hal ini. Saat ini kami bahkan sudah memberikan kemudahan kepada staff untuk mulai bekerja kerja di coworking space. Tujuannya agar mereka dapat berkumpul, berkomunikasi serta berbagi pengalaman serta berkolaborasi dengan komunitas lain sehingga akan sangat mudah terbentuk suatu ekosistem yang saling menguntungkan. Dengan demikian, hal ini turut mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Visi inilah yang kami lihat selaras dengan visi yang dimiliki oleh BRI untuk mendorong industri kecil (UMKM) dan ekonomi kreatif di Indonesia.”

Triawan Munaf yang menjadi saksi kerjasama ini mengatakan kolaborasi antara Coworking Indonesia dan BRI diharapkan dapat membantu 16 subsektor ekonomi kreatif untuk terus berkembang. Saat ini Bekraf terus menggenjot 16 subsektor ekonomi kreatif yang diprediksi akan menaikan level perekonomian Indonesia.

“Coworking space menjadi ajang pertumbuhan ekonomi kreatif. Ini adalah strategi awal. Jadi kita harus arahkan para pelaku kreatif untuk datang ke coworking space. Kolaborasi adalah kuncinya,” tutup Triawan.

Sebagai langkah awal bentuk kerjasama, Coworking Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia menghadirkan Coworkfest 2017, sebuah festival yang bertujuan mengenalkan budaya coworking space kepada masyarakat umum dengan kemasan yang menarik dan atraktif. Coworkfest 2017 dilaksanakan selama dua hari pada Sabtu dan Minggu, 25 - 26 November di Taman Menteng.

Spirit kewirausahaan kaum muda khususnya disektor digital kini sedang digandrungi sehingga lewat Perkumpulan ini juga akan menjadi sumber keahlian dan sumber daya, pengalaman, dan alat atau program yang bisa diakses oleh pelaku coworking supaya bisa lebih bertumbuh dan berkembang. (Harn).

Keterangan Foto :  Triawan Munaf, Kepala BEKRAF Kementerian Pariwisata, diapit Andi Saptari, Felencia Hutabarat, Faye Alund dari Coworking Indonesia, dan Direktur Bank BRI Indra Utoyo


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)