Beranda » Nasiional » Pertemuan Duta Besar Iran Valiollah Mohammadi Dengan Ghaffar Usman : Iran Tawarkan Kerjasama

Rabu, 16 Agustus 2017 - 19:53:19 WIB
Pertemuan Duta Besar Iran Valiollah Mohammadi Dengan Ghaffar Usman : Iran Tawarkan Kerjasama
Diposting oleh : MelayuToday.com
Kategori: Nasiional - Dibaca: 458 kali

Jakarta, Melayutoday.com,- Pada 14 Agustus  2017 lalu berlansung pertemuan Ghafar Usman, anggota DPD RI dengan Mr. Valiollah Muhammadi Duta Besar (Dubes) Iran untuk Indonesia. Pertemuan diagendakan untuk relasi kedua negara, bidang  ekonomi sosial dan ilmu pengetahuan. Agaknya pertemuan itu relevant, karena Iran kuat dalam ekonomi, dan punya kemajuan dari sisi ilmu dan teknolgi (nuklir).

Apalagi, Posisi pak Ghafar Usman, selain terpilih  utusan Provinsi Riau memang ketua Komite IV membidangi hubungan ekonomi pusat dan daerah. Pembicaraan diawali dengan menyampaikan masalah relasi bilateral, Indonesia dengan Iran. Yaitu dalam kondisi sama membangun negara, yang mayoritas Muslim juga terlibat dalam percaturan politik, dan ekonomi serta masalah internasional.

Pihak Duta Besar Iran Valiollah Muhammadi yang didampingi dua staf yaitu Ali Reza Sohbati dan Mohamad Hasan Tavakoli. Dubes menguraikan tugasnya di Indonesia. Beliau mengatakan senang ada sambutan yang baik dari pemimpin Indonesia terhadap Iran. Suasana baik itu ingin dimmplematasikan secara nyata.

Mr Valiollah Mohamadi menawarkan kerjasama bidang ekonomi dan ilmu pengetahuan. Selain itu memupuk saling pengertian yang bisa diformulasikan dalam saling kunjungan antar tokoh kedua negara.

Kata berjawab, saran diapresiasi Pak Ghafar Usman, yang juga Tokoh Masyrakat Riau, menawarkan untuk Mr Valiollah Mohammadi dapat  berkunjung ke Provinsi Riau. Agar mengetahui potensi ekonomi pemerintah daerah Riau, yang dikatakan sebagai Indonesia  Mini, dan melihat peluang kerjasama  antar  pengusaha.”Kami membantu dengan senang hati,” kata  Ghafar Usman.     

Kenapa soal ekonomi menjadi menarik terhadap Iran ? Ya dikarenakan Iran terus menjadi negara penting. Bukan saja  didunia Islam melainkan juga di dunia. Fakta itu muncul dengan capain strategisnya dibidang ilmu  dan ekonomi serta stabilitas politiknya yang mantap

Iran menjadi negara Islam memiliki sumber daya  ekonomi diri minyak bumi, dengan fundamental ekonomi kuat diringi politik yang stabil.Hasil minyak di invetasikan dalam negeri meningkatkan taraf teknologi tepat guna.

Ini dibenarkan oleh Susan Kurdy  seorang analisis ekonomi politik Aljazeera,(Aljazeera,11Agustu,2017) yang mengakui pemerintah Iran menekuni pembangunan ekonomi  negara. Sehingga ekonomi domestik yang ditopang infra strukutur dapat tumbuh

Dalam analisisnya, Susan Kurdy, Iran tidak tergantung pada ekonomi luar.Meskipun harga minyak sering berflaktuasi, naik  dan turun.

Ia menambahkan Iran berjalan dengan pertumbuhan menyeluruh berbasis pada aktraksi investasi.”The growth base on investasion acraction” tulisnya. ( Laporan: Dr Mas ud HMN.)

 


BERITA TERKAIT

Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
© 2013 www.MelayuToday.com - All rights reserved | Diterbitkan oleh Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM)